3 September 2013

Penggunaan Rumus MS Excel

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan kita dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu kita harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.

Operator Matematika dalam Excel

Baiklah, kita mulai tutorial penggunaan formula/rumus dasar Excel. Akan tetapi, lebih baik kita pahami dulu operator Matematis dalam MS Excel. Karena seperti yang kita ketahui, MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat numerik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat Operator dasar Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Lihat tabel berikut :

NoOperatorFungsiExample
1+ (ikon plus)PenjumlahanA1+A2
2- (ikon minus)PenguranganA3-A4
3* (ikon bintang)PerkalianA5*A6
4/ (ikon garis miring)PembagianA7/A8
5^ (ikon caret)PangkatA9^2 (angka apapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6% (ikon persen)ProsentaseTanpa saya jelaskan pasti Anda sudah paham
Sumber : http://microsoftexcelku.blogspot.com/2013/06/operator-matematika-di-excel-penjelasan.html
Sekarang cobalah membuat tabel, lalu gunakan rumus standar dengan operator matematika seperti di atas. Dan jangan lupa, setiap memasukkan rumus apa saja (termasuk operator matematika) ke dalam cell Excel harus diawali dengan tanda (=). Lihat contoh gambar berikut ini.

rumus matematika excel

Anggaplah anda adalah boss sebuah toko elektronik dengan tabel barang dagangan seperti di atas. Kolom F2 akan menjadi harga total barang TV LCD dengan merek LG 22C5410. Hal yang perlu kita lakukan adalah :
  1. Memasukkan operator perkalian, dengan menulis cell/kolom yang akan dikalikan.
  2. = (wajib ada, sebagai tanda/syarat sebuah rumus), D2 (data di D2 berupa harga satuan barang), operator perkalian (*), E2 (data jumlah barang).
  3. =D2*E2 jika dibaca secara harfiah menjadi : "data apapun yang berada di kolom D2 dikalikan dengan data apapun yang berada di kolom E2".
  4. Setelah itu tekan Enter, maka hasil perkaliannya akan keluar sebesar Rp. 3.360.000.
Note :
Jika Anda malas untuk mengetikkan cell yang mewakili data perkalian, maka Anda cukup meng-klik cell tempat data tersebut berada dan lanjutkan perintah di atas.


Untuk melanjutkan mengisi kolom jumlah di bawahnya (kolom F3 dst), kita cukup memblok cell yang telah berisi rumus operator perkalian, arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell/kolom. Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Setelah itu, click dan tahan lalu drag/geser ke bawah. Dengan demikian, kita telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang akan dikalikan lagi. Hasil akhirnya seperti berikut :


rumus ms excel

Rumus MS Excel dan Pembagian Fungsinya

Rumus-rumus/formula di dalam MS Excel sangat beragam bin bermacam-macam, tidak hanya satu dua saja. Secara garis besarnya dapat saya simpulkan menjadi tiga, yaitu Rumus Matematis, Logika, dan Statistik. Saya tidak berani mengatakan bahwa pendapat saya ini benar, namun karena yang saya pahami untuk sekarang ini, serta sering digunakan adalah tiga macam fungsi tadi. Cukup dengan menggunakan ketiga fungsi rumus tadi, saya rasa Anda sudah bisa dikatakan master programming per-data-an (ini istilah saya sendiri loh....hehehe). Semua keberadaan formula dapat kita jumpai pada Menu Ribbon tab "Formulas". Cara menggunakan/menuliskannya hampir sama dengan penggunaan rumus standar seperti operator matematik yang saya terangkan di atas, konstruksinya akan terlihat seperti ini : =Formula()
Tanda (=) sebagai syarat memasukkan rumus, Formula adalah jenis rumus yang akan kita gunakan, dan tanda kurung adalah tempat memasukkan data cell. Contoh : =SUM(D2:E2).
Berikut pembagian formula dan fungsi-fungsinya.

Rumus Matematik

Mungkin Anda mulai bingung, sejak kapan muncul rumus matematik di MS Excel. Sebenarnya ini cuma istilah saya sendiri, karena dengan rumus ini kita akan dihadapkan pada penjumlahan dan sebagainya. Ketika terkait dengan penjumlahan, perkalian, dan lain-lain, otak saya langsung tertuju pada pelajaran Matematika di mana saya sendiri tidak pernah mendapatkan nilai B. Cukup mengenaskan. Jadi saya harap pembaca harus setuju dengan istilah saya sendiri.
  1. SUM
  2. Rumus yang paling sering digunakan, karena rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan. Contoh : =SUM(D2:E2) dengan demikian kolom yang kita tempatkan rumus ini akan mengeluarkan nominal angka hasil penjumlahan dari cell D2 dan E2.
  3. SUBTOTAL
  4. Berfungsi untuk melakukan penotalan dalam artian bukan sekedar jumlah atau SUM saja, tapi bisa juga untuk operasi matematika yang lain seperti pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata (prosentase) dan lain-lain. Contoh : =SUBTOTAL(FUNGSI;REFRENSI_1;REFRENSI_2) maka akan terlihat seperti =SUBTOTAL(9;A5;A10). Dengan demikian, rumus ini akan menampilkan hasil total dari penjumlahan (karena kode 9 dikenal sebagai fungsi SUM dalam Formula SUBTOTAL) dari cell A5 dan A10. Jika refrensi atau tempat pengambilan data lebih dari dua, maka jangan lupa untuk menambahkan tanda titik koma (;) sebelum menuliskan refrensi lain.

Rumus Statistik

  1. Average
  2. Rumus ini berfungsi untuk menampilkan nilai rata-rata. Contoh : =AVERAGE(D2;D3;D4). Setelah itu akan muncul nilai rata-rata dari kolom D2 sampai D4. Biasanya rumus ini digunakan untuk menarik nilai rata-rata hasil belajar siswa yang nantinya akan ditulis di dalam laporan belajar atau raport.
  3. Count
  4. Menghitung banyaknya data argumen. Untuk rumus ini biasnya disinkronisasikan dengan Logical test. Contoh =COUNT(value1;value2)
  5. Max
  6. Dengan rumus ini kita dapat mengetahui jumlah nilai tertinggi/maksimal dalam suatu kumpulan cell. Contoh =MAX(B2;B10)
  7. Min
  8. Sedangkan rumus MIN adalah kebalikan dari rumusa MAX tadi.

Rumus Logika (logical)

  • IF
    Berfungsi untuk memberikan hasil benar jika penjelasan logikanya memang benar, dan memberi nilai salah jika tidak sesuai dengan logical testnya. Contoh : =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false) . Bingung ? Sebaiknya kita praktekkan saja, lihat contoh gambar berikut.
menggunakan rumus if
Dari penulisan rumus =IF(C6>=6;"LULUS";"TIDAK LULUS") dapat dibaca sebagai : "Jika nilai di dalam kolom C6 lebih besar atau sama dengan 6 maka dinyatakan "LULUS" jika tidak maka dinyatakan "TIDAK LULUS". Dengan demikian, nilai-nilai di bawah 6 secara otomatis MS Excel akan menuliskan "TIDAK LULUS". Penjelasan yang lebih rinci baca penggunaan rumus IF dengan membuat Laporan Hasil Belajar.

logika ms excel

    OR

Menghasilkan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau logical test benar. Contoh : =OR(logika1,logika2)
    AND

Menghasilkan nilai benar (true) jika semua argumen benar. Contoh : =AND(logika1,logika2)
Ketiga fungsi logika ini dapat kita gabungkan untuk memberi hasil analisa yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki.
Mungkin tutorial ini belum cukup untuk menampung semua penjelasan beserta rumus-rumus yang lain seperti VLOOKUP dll, tapi untuk dasar saya kira ini sudah cukup. Mungkin ke depannya saya akan mencoba membahas penggunaan rumus/formula MS Excel yang lebih jauh mendalam lagi beserta contoh-contoh lain seperti membuat absensi atau menghitung diskon.
Selamat pagi dan have a nice day.

34 komentar

dri dulu sy kurang menguasai excel..soalnya banyak rumus2nya dan terkesan sulit bagi sy...trimakasih atas artikelnya, izin bookmark y...:)

Nah saya suka kelupaan tuh yang beginian, jadi saya bookmark aja halaman ini mas...makasih nih sharingnya...

Kang Zeer : silahkan kang, saya juga belum paham banyak tentang rumus-rumus logika lainnya. Tapi saya selalu mencoba untuk belajar dan langsung mempraktekkannya. Terima kasih sudah berkunjung.
Mas +Kompi Ajaib : ah bisa aja mas, master kayak Anda tidak bakal kesukaran apa lagi lupa untuk hal semacam ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu ke blog suram ini.

lengkap sob, hal yang seperti ini memang bisa membantu kerja kita. tanpa Excel dunia komputer terasa hampa :D

Betul sob, kalau masalah lengkapnya saya kira belum. Hehehehe....

agak rumit juga ya mas penggunaan rumus-rumus di excel. ada kode-kodenya :) izin save dulu mas. mau tak pelajari secara mendalam. solanya baca satu kali aja belum paham hehehe :)

Kalau tidak langsung praktek memang rumit dan pasti lupa :D Saya juga masih sering lupa, tapi setidaknya mbak ririn punya pengalaman dalam code HTML jadi anggap lah hal itu sama dengan code HTML juga.
Silahkan disave...monggo

thx gan..infonya sangat bermanfaat...

http://tipsblogingdi.blogspot.com/

salam perkenalan saudara.. nice sharing.. :D

Salam kenal juga saudara. Terima kasih meluangkan waktu untuk ke sini.

Mau tanya, kalo mau menformat agar kolom nya itu ketika kita ngetik kalimat bisa langsung ada titik dua nya di depan kalimat tersebut gmn ya?

Pertanyaanya kurang jelas mbak....yang dimaksud titik dua seperti apa, dan digunakan untuk apa ?
Tapi saya coba berpendapat :
MS Excel tidak bisa sekomplit MS Word dalam pengolahan kata. Penambahan titik dua bisa disiasati dengan menambahkan satu kolom kecil sebelum kata/kalimat dan telah diisi dengan titik dua langsung.

saya punya aplikasi excel dari tempat praktikum di kampus saya, dalam input data ada yang diminta mengalikan 9.000.000 x 6,353 seharusnya kalo pake excel biasa dan kalkulator hasilnya 57.177.000 tapi saat saya memakai aplikasi excel dari tmpat praktikum saya muncul hasilnya 57.175.626. bagaimana merubahnya

Buka Excel option, pada bagian Formulas hilangkan tanda check pada bagian enable iterative calculation. Jika belum berubah, coba berikan screen shoot pada kolom komentar atau nama aplikasinya

buat belajar... izin copas bos.

Silahkan dicopas dan disimpan...jika ingin diterbitkan ulang, sertakan sumber rujukan
Terima kasih sudah berkunjung

Salam knal Gan, Informasinya sangat bermanfaat, tapi saya mau tanya ni Gan bisa mohon penjelasan fungsi dan langka2 mengenai cara Ploting data dengan Hlokup dan Vlokup pada database, Thx Gan

Mohon maaf agan Abdi Lubis, setelah memperbaiki struktur blog karena ganti domain akan saya buatkan tutorial tentang Rumus H dan Vlookup untuk database.

SGT MEMBANTU SKALI GAN DAN TRIMAKSIH,,,

yang dulu saya lupa sekarang jadi inget gara-gara postingan anda mas! trims ya.........

Boleh tanya
Kalau ada soal kayak gini pakai rumus apa ya?
Jika jumlah barang lebih dari 100 maka diskonnya 10%
Jika kurang dari 100 maka diskonnya 5 %
Di dalam 1 rumus

penjelasan penggunaan program excelnya sangat detil, ini pengetahuan yang nulis pasti tingkat tinggi heeh. program excel kalau dipahami memang sangat berguna membantu pekerjaan sehari hari. saya juga tertarik menulis tentang rumus excel tapi masih sebats hal hal dasar saja

Ini yang aku cari. Sampe detail bangt jelasinnya & ada conth.a lagi. Jadi lebih gampang di mengerti. Makasih yoo mas membantu pisaan euy :D

maap gan saya mau tanya, bagaimana cara mengetik yang cepat dan benar?
soalnya ane kurang lancar excel mohon penjelasannya.

udah muter kesana sini akhirnya nemu juga.
makasih banyak udah ngajarin
sejauh ini faham atas yg diinfokan
salam kenal dari Bandung IT :)

mas yang lengkap lagi ya,,,, dengan rumus seperti COUNT BLANK dls di cantumkan juga.
makasih.....

nice info.. ijin copas ya mas...

Kritik dan Saran sangat diharapkan, agar ke depannya penulis dapat menyajikan hal lain yang menarik dan bermanfaat.
Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa baku dan sopan.

 
Copyright © 2013. Panduan Microsoft Office
Written and Distributed by ©hazz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Edited by Kompi Ajaib
Powered by Blogger